Rabu, 30 Mei 2012

Rahasia Meningkatkan Memori Otak

1. Mengunyah Permen Karet
Kedengarannya aneh, masak sih permen karet dapat meningkatkan memori otak? Kamu boleh merasa aneh. Tetapi, fakta membuktikan (dalam jurnal Appetite 2002 dan 2004) bahwa mengunyak permen karet dapat meningkatkan memori otak. Hal ini ada kemungkinan selama kamu mengunyah permen karet denyut jantung meningkat, sehingga menyebabkan aliran darah ke sel-sel otak meningkat.

2. Selalu Berolahraga
Rajin berolahraga ternyata tidak saja menyehatkan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan. Jenis olahraga yang dilakukan cukup dengan berjalan kaki, naik turun tangga, bersepeda, dan bermain catur.

3. Kafein
Walaupun manfaat dan kerugian kafein masih kontroversial, tetapi tidak ada yang dapat membantah efek kafein terhadapat kewaspadaan dan penambah memori. Namun perlu diingat, usahakan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, dan minuman ringan).

4. Tidur Siang
Tidur siang dapat meningkatkan memori deklaratif (memori yang berguna untuk menyimpan fakta-fakta). Nah, jika kamu sudah belajar seharian dengan capai, ambil waktu kurang lebih 45 menit untuk melakukan tidur siang. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar